7 Fakta Menarik Tentang Hong Kong yang Tidak Anda Ketahui
Travel

7 Fakta Menarik Tentang Hong Kong yang Tidak Anda Ketahui

Dari eskalator outdoor terpanjang di dunia hingga restoran terbanyak di dunia, beberapa fakta menarik tentang Hong Kong ini mungkin akan mengejutkan Anda.

1. Lebih dari 40% Hong Kong Berwarna Hijau

Kebanyakan orang berpikir Hong Kong adalah gedung pencakar langit yang berkilauan dan pasar yang ramai, tetapi 40% dari negara-kota itu adalah ruang hijau publik persentase yang mengejutkan dibandingkan dengan New York atau Tokyo. Taman Kowloon, yang terjepit di antara empat jalan tersibuk di Tsim Sha Tsui, sangat populer. Lebih jauh lagi, Tai Mo Shan membanggakan puncak tertinggi di Honk Kong, dengan banyak jalur pendakian berliku ke puncak dan kesempatan untuk mengamati satwa liar.

2. Ini Adalah Rumah Bagi Eskalator Outdoor Terpanjang di Dunia

Mid-Levels Escalator adalah eskalator outdoor tertutup terpanjang di dunia. Membentang setengah mil (800 meter) dari jantung Distrik Pusat ke lingkungan perumahan Tingkat Menengah. Ini mungkin perjalanan gratis terbaik di kota. Konstruksi menelan biaya HK$245 juta (US$31,2 juta) dan melayani sekitar 85.000 orang per hari. Ini bukan satu eskalator terus menerus, itu dipecah menjadi 20 eskalator dan tiga jalan setapak yang bergerak, jadi tidak ada perubahan macet jika Anda mengambil arah yang salah. Dibutuhkan sekitar 25 menit untuk menyelesaikan seluruh perjalanan.

3. Ini Adalah Rumah Bagi Penyeberangan Laut Terpanjang di Dunia

Jembatan Hong Kong-Zuhai-Makau adalah penyeberangan laut terpanjang di dunia. Membentang 34 mil (55 km) melintasi Pear Rver Delta. Jembatan itu sendiri terdiri dari tiga jembatan kabel, terowongan bawah laut dan empat pulau buatan. Selain menjadi penyeberangan laut terpanjang, ini juga merupakan jalur tetap laut terbuka terpanjang di dunia.

Baca Juga:  7 Fakta Menarik Tentang Makau yang Perlu Anda Ketahui

Jembatan ini menghubungkan Hong Kong, Makau, dan Zhuhai. Biayanya ¥127 miliar (US$18,8 miliar) untuk membangun jembatan dan sebagian besar didanai oleh pinjaman bank yang dibagikan oleh pemerintah China daratan, Hong Kong dan Makau. Jembatan ini dibuka untuk umum pada Oktober 2018.

4. Hong Kong Secara Harfiah Berarti ‘Pelabuhan Yang Harum’

Hong Kong adalah terjemahan fonetis dari nama kota dalam bahasa Kanton,, yang berarti ‘Pelabuhan Wangi’. Hal ini kemungkinan berasal dari peran kota dalam perdagangan dupa di masa lalu, khususnya gaharu.

Kata Kowloon berarti ‘sembilan naga’. Menurut cerita rakyat setempat, seorang pemberdayaan muda melihat delapan bukit di kawasan itu dan menamakannya ‘delapan naga’. Kemudian seorang pelayan mengingatkan pemberdayaan bahwa, secara teknis, dia juga seekor naga jadi itu menjadi sembilan naga.

5. Hong Kong Memiliki Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia

Hong Kong memiliki 9.000 bangunan bertingkat tinggi. Ini memiliki lebih dari 1200 gedung pencakar langit juga, yang empat kali lebih banyak dari New York. Bangunan berkembang pesat pada 1980-an dan bahkan hari ini kota ini bergantung pada konsentrasi tinggi gedung-gedung tinggi dan menara untuk populasinya yang besar. Ini juga secara luas dianggap sebagai cakrawala terbaik, mengingat latar belakang pemandangan gunungnya.

Saat ini, gedung tertinggi di Hong Kong adalah International Commerce Center. Bangunan 108 lantai menjulang setinggi 1.588 kaki (488 m), dan mencakup kombinasi kantor, restoran, dan Hotel Ritz Carlton, dengan kolam renang tertinggi di dunia yang terletak di lantai 118.

Baca Juga:  10 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Bristol, Inggris

6. Hong Kong Memiliki Jumlah Restoran Per Kapita Tertinggi

Ada lebih dari 15.000 restoran di Hong Kong, yang berarti ada 20,4 restoran per 10.000 orang. Wan Chai menawarkan sebagian besar restoran di seluruh kota. Ini juga merupakan rumah bagi salah satu restoran bintang Michelin termurah di dunia, Tim Ho Wan, yang menyajikan roti BBQ panggang dengan harga kurang dari $3 USD.

7. Banyak Orang Kaya Tinggal di Hong Kong

Pada tahun 2021, Hong Kong menduduki peringkat sebagai populasi miliarder terbesar kedua di dunia di pusat kota, bahkan setelah Covid-19. Itu datang kedua ke New York, yang memiliki 124 miliarder. Sekitar 96 penduduk memiliki kekayaan pribadi sebesar US$1 miliar atau lebih.