Kuliner

Makanan Khas Malang yang Terenak & Wajib Dicoba

Kota Malang, terkenal dengan udaranya yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah, juga memiliki kekayaan kuliner yang memikat. Ragam makanan khas Malang menawarkan cita rasa unik yang wajib dicoba bagi siapa saja yang berkunjung ke kota ini. Dari jajanan pasar hingga makanan berat, berikut adalah beberapa Makanan Malang yang terenak dan tidak boleh dilewatkan.

1. Bakso Malang

Bakso Malang adalah salah satu kuliner yang paling terkenal dari kota ini. Berbeda dari bakso pada umumnya, Bakso Malang disajikan dengan berbagai macam pendamping seperti tahu, siomay, dan kerupuk. Kuahnya yang gurih dan bakso yang kenyal membuatnya menjadi favorit banyak orang.

2. Cwie Mie Malang

Cwie Mie adalah jenis mie ayam khas Malang yang disajikan dengan potongan ayam, jamur, dan ditambahkan dengan pangsit goreng atau rebus. Mie ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa yang khas, biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam yang gurih.

3. Pecel Kawi

Pecel Kawi adalah varian pecel yang dapat ditemukan di Malang. Berbeda dengan pecel pada umumnya, pecel ini disajikan dengan bumbu kacang yang lebih kental dan padat. Disajikan dengan aneka sayuran rebus dan lontong, pecel ini sering dijadikan menu sarapan.

4. Areh-Areh Bumbung

Areh-areh bumbung adalah makanan tradisional yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan, garam, dan daun pandan, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dimasak kembali. Teksturnya yang lembut dan rasa gurihnya membuat areh-areh bumbung cocok sebagai snack atau pendamping makan.

5. Sate Landak

Untuk penggemar kuliner ekstrem, sate landak bisa menjadi pilihan. Meski terdengar unik, sate ini memiliki penggemar tersendiri. Daging landak yang dimasak dengan bumbu khas memberikan cita rasa yang berbeda dan tentunya pengalaman makan yang unik.

6. Ronde Titoni

Ronde Titoni adalah minuman hangat khas Malang yang terbuat dari bola-bola tepung beras berisi kacang tanah yang disajikan dalam kuah jahe hangat. Minuman ini sangat cocok dinikmati di malam hari atau saat cuaca dingin.

7. Es Dawet Ayu Pak Pele

Es dawet ayu Pak Pele adalah salah satu minuman legendaris di Malang. Dibuat dari dawet hitam dengan tambahan gula jawa, santan, dan es batu, minuman ini menawarkan kesegaran yang unik dan manis.

8. Nasi Jagung

Nasi jagung adalah makanan tradisional khas Malang yang terbuat dari jagung. Biasanya disajikan dengan lauk seperti ikan asin dan sayur lodeh, nasi jagung ini memiliki rasa yang khas dan menjadi favorit warga lokal.

9. Tahu Campur

Tahu campur adalah hidangan yang terdiri dari tahu goreng, lontong, sayuran, daging sapi, dan kerupuk, semuanya disajikan dalam satu piring dengan kuah petis yang khas. Rasa gurih dan kaya rempah membuat tahu campur menjadi makanan yang menggugah selera.

Kesimpulan

Malang menawarkan kekayaan kuliner yang menggugah selera dan unik. Dari makanan berat hingga camilan ringan, kota ini memiliki beragam pilihan yang akan memanjakan lidah para pengunjungnya. Jadi, saat berkunjung ke Makanan Khas Cirebon, pastikan untuk mencicipi ragam kuliner khasnya yang tak hanya lezat tetapi juga membawa cerita dan tradisi khas kota tersebut.