Strategi Terbaik yang Digunakan dan Menghindar Kesalahan Bisnis
Bisnis

Strategi Terbaik yang Digunakan dan Menghindar Kesalahan Bisnis

Persaingan saat ini sangat ketat, dan wirausahawan harus melakukan segala yang mereka bisa untuk berhasil. Anda mungkin yakin bahwa produk dan layanan Anda memenuhi kebutuhan klien. Namun, menemukan strategi yang tepat untuk menskalakan bisnis Anda dari yang kecil hingga otoritas yang terlihat secara global adalah topik lain. Strategi penskalaan ini membedakan bisnis kecil, startup, atau organisasi yang menguntungkan.

Setiap perusahaan yang sukses secara global seperti Apple atau Amazon dimulai dari yang kecil. Tetapi mereka secara aktif diskalakan setelah diluncurkan. Faktor-faktor tertentu memainkan peran penting dalam bagaimana organisasi tersebut tumbuh dan menjadi sukses. Selain yang lain, yang akan saya tunjukkan nanti, berikut adalah elemen utamanya:

  • Produk yang memecahkan masalah besar pelanggan
  • Pelanggan menganggap penawaran/hasil itu berharga
  • Pelanggan mendapatkan produk pada waktu yang tepat
  • Banyak orang di seluruh dunia memiliki masalah yang sama
  • Margin kotornya tinggi
  • Tidak ada gesekan antara elemen model bisnis Anda untuk menghalangi penskalaan

Menskalakan bisnis selalu menantang, dan belajar dari kegagalan terkadang bisa memakan waktu, uang, dan frustrasi yang mahal. Sebagian besar perusahaan besar yang pernah saya latih dan konsultasikan mengalami siklus kegagalan-maju ini. Meskipun demikian, pengalaman dan kebijaksanaan yang dipelajari ini memungkinkan saya untuk memberi Anda saran yang lebih baik dalam menjalankan teknik skalabilitas, yang dengan senang hati saya bagikan. Selain itu, keterhubungan digital saat ini dengan target pelanggan Anda di seluruh dunia mengurangi upaya Anda untuk menerapkan strategi ini.

Saya akan memberi Anda beberapa tip dan pemikiran sehingga Anda dapat meningkatkan skala bisnis Anda lebih cepat dan menghindari kesalahan umum. Anda dapat memperoleh manfaat dari pengalaman yang saya peroleh sebagai bankir keuangan perusahaan, konsultan strategi, investor, dan eksekutif tingkat C sehingga Anda dapat menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan melalui strategi penskalaan yang berhasil.

Baca Juga:  Apa Itu Penagihan Utang?

Apa Itu Penskalaan Bisnis?

Skalabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk meningkatkan output atau pendapatan yang secara kualitatif konstan tanpa sumber daya input atau biaya meningkat pada tingkat yang sama. Idealnya, bahkan pengeluaran tetap hampir konstan. Hal ini terjadi, misalnya, dengan perangkat lunak yang dapat disalin secara virtual secara gratis sesering yang diinginkan dan dijual secara online.

Dari sudut pandang model bisnis, Anda memerlukan potensi pelanggan yang cukup yang dapat dikembangkan secara terukur dan tepat waktu melalui penawaran yang menarik melalui saluran pelanggan yang tepat. Untuk memastikan hal ini di sisi produksi, sumber daya input harus tersedia atau tersedia dengan cara yang terukur. Tetapi proses tersebut juga harus dapat melayani potensi permintaan tambahan tanpa investasi lebih lanjut. Jadi tidak boleh ada gesekan antar elemen model bisnis.

Teknologi dalam beberapa tahun terakhir telah membuat gagasan skalabilitas lebih mudah bahkan untuk usaha kecil. Misalnya, pelanggan dapat dihubungi di seluruh dunia melalui internet; mereka telah terbiasa membeli bahkan produk dan layanan bernilai tinggi secara online, dan prosesnya dapat disistematisasikan dan diotomatisasi dengan relatif murah, bahkan untuk perusahaan kecil. Misalnya, pikirkan perangkat lunak sebagai layanan, platform sebagai layanan, otomatisasi proses robotik/otomatisasi layanan robot, atau bahkan solusi AI yang terkait dengan data besar, internet, dan blockchain.

Apa itu Pertumbuhan vs. Penskalaan?

Secara teknis, pertumbuhan mengacu pada peningkatan output atau pendapatan, sedangkan scaling mengacu pada peningkatan output atau pendapatan tanpa meningkatkan sumber daya input atau biaya produksi pada kecepatan yang sama.

Baca Juga:  Pentingya Manajemen Hubungan Vendor yang Harus Dimiliki untuk Bisnis

Katakanlah Anda adalah perusahaan konsultan manajemen yang telah menandatangani kontrak dengan klien baru. Jika staf Anda sudah terlibat dalam proyek lain, Anda hanya dapat menangani klien baru dengan menambahkan staf. Ini disebut pertumbuhan.

Namun, jika tim Anda saat ini dapat memberikan semua layanan konsultasi tambahan kepada klien baru tanpa mempekerjakan staf tambahan, ini disebut penskalaan.

Mengapa Skala Bisnis Anda?

Teknologi hemat biaya memungkinkan akses global yang mudah ke pelanggan target Anda sehingga Anda dapat memanfaatkan pangsa pasar Anda secara global. Biaya rendah untuk sistematisasi dan otomatisasi proses memungkinkan Anda memperoleh keunggulan kompetitif atas pesaing Anda dan mengamankan model bisnis dan ceruk pasar Anda. Untuk mencapai posisi ini, prasyarat ini diperlukan di atas segalanya.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Meningkatkan Skala Bisnis Anda?

Jika Anda memiliki model penjualan berulang dan proses, sistem, dan sumber daya input Anda dapat ditingkatkan dengan lancar tanpa mengalami lonjakan biaya, margin keuntungan Anda dapat tetap menarik. Pertumbuhan pendapatan harus lebih tinggi daripada kenaikan biaya, dan margin keuntungan setidaknya harus tetap stabil.

Akan lebih baik jika Anda juga bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah ada cukup permintaan untuk produk atau layanan Anda?
  • Apakah model dan margin keuntungan Anda menarik bagi investor?
  • Apakah Anda diperbarui dengan reformasi teknologi terbaru?
  • Sudahkah Anda mempertimbangkan tren saat ini yang memengaruhi harapan pelanggan Anda?
  • Apakah semua elemen model bisnis Anda bekerja sama secara harmonis?
  • Apakah Anda memiliki tim pemangku kepentingan yang tepat?
Baca Juga:  Menghasilkan Uang Online, Apakah ini Penipuan atau Peluang?

Dengan semua itu, apa yang dapat dilakukan oleh usaha kecil atau pelatih, khususnya, untuk meningkatkan skala bisnis mereka?

1. Bangun Keahlian yang Mengesankan Melalui Tim yang Beragam.

Membangun keahlian yang luar biasa melalui tim yang beragam memungkinkan Anda untuk menentukan produk yang tepat, mensistematisasikan dan mengotomatisasi proses dan membantu pelanggan Anda dengan penawaran Anda pada waktu yang tepat melalui saluran terbaik.

2. Membangun Ekosistem yang Tepat.

Cara terbaik adalah membangun ekosistem yang luas dengan semua pemangku kepentingan, calon mitra/pendukung, dan publik.

Gunakan media sosial untuk menjadi terlihat secara global sebagai otoritas masuk melalui konten yang berharga. Jaringan dan kolaborasi membantu dalam konteks ini, karena Anda dapat meningkatkan visibilitas Anda.

3. Berinvestasi Dalam Pengetahuan dan Teknologi.

Teknologi hemat biaya hari ini, dan dengan pengetahuan yang tepat, Anda dapat mensistematisasikan proses Anda dan mencapai margin keuntungan yang tinggi. Dengan demikian, otomatisasi proses sebanyak mungkin untuk meningkatkan waktu pengiriman, skala produksi, dan kualitas tanpa meningkatkan biaya. Tapi jangan membuat kesalahan dengan mengabaikan hubungan Anda dengan pelanggan Anda dalam prosesnya. Terlibat langsung dengan pelanggan Anda dengan cara yang berpusat pada manusia untuk meningkatkan nilai dan kepercayaan pelanggan yang dirasakan merek Anda. Pelanggan memiliki emosi, dan mereka bukan hanya angka dalam upaya penskalaan Anda.