5 Langkah untuk Membeli Bisnis Waralaba
Bisnis

5 Langkah untuk Membeli Bisnis Waralaba

Salah satu cara banyak orang mengejar membangun kekayaan adalah bekerja untuk diri mereka sendiri, bukan orang lain. Tetapi membuka usaha bisnis baru tidak datang tanpa rintangan dan risiko yang signifikan, baik secara profesional maupun pribadi.

Waralaba berbeda dari startup bisnis baru dalam banyak hal, salah satunya adalah bahwa waralaba bisa kurang berisiko daripada memulai yang baru. Ketika Anda membeli waralaba, itu seperti seseorang memberi Anda buku pedoman, dan jika Anda mengikutinya, peluang sukses Anda tinggi.

Ada sejumlah industri waralaba yang berbeda, banyak di antaranya bahkan tidak mengetahuinya. Mengapa rata-rata orang tidak menyadari peluang waralaba? Berdasarkan pengalaman saya sebagai konsultan waralaba, lebih dari 85% dari mereka yang berinvestasi dalam waralaba berakhir di industri di mana mereka bahkan tidak mengetahui adanya waralaba. Lagi pula, Anda tidak tahu apa yang tidak Anda ketahui.

Masalahnya adalah jika Anda tidak tahu opsi apa yang ada di luar sana, Anda mungkin tidak dapat mewujudkan impian Anda sebagai pemilik waralaba di industri yang Anda sukai. Saat memilih waralaba untuk berinvestasi, prioritas No. 1 yang harus diingat adalah Anda.

Berikut adalah lima langkah yang perlu Anda ikuti jika Anda berpikir untuk mengejar waralaba:

1. Memahami diri sendiri

Cara terbaik untuk memastikan kesuksesan dalam waralaba adalah dengan terlebih dahulu mengeksplorasi apa yang membuat Anda tergerak. Tidak setiap waralaba cocok untuk setiap kepribadian, jadi sangat penting untuk menemukan apa yang Anda inginkan dari jalur baru Anda. Pertimbangkan hal-hal seperti nilai-nilai Anda. Kualitas dan karakteristik apa yang Anda miliki yang akan melengkapi waralaba? Kekuatan, kelemahan, dan keahlian apa yang diterjemahkan dengan baik ke industri dan merek waralaba yang Anda pertimbangkan?

Baca Juga:  4 Pertanyaan Kunci untuk Membangun Bisnis & Kehidupan Anda

Kepemilikan waralaba tidak hanya akan menempati sumber daya keuangan Anda tetapi juga waktu pribadi dan keluarga Anda. Setelah Anda menandatangani di garis putus-putus, seringkali tidak dapat diubah. Oleh karena itu, langkah paling kritis untuk kepemilikan waralaba adalah meluangkan waktu untuk memahami implikasi dari memiliki waralaba.

Ini juga berarti melihat dengan jujur ​​semua variabel, terutama yang tidak Anda kenal. Pertimbangkan jenis model bisnisnya. Apakah ini operasi bisnis-ke-konsumen atau bisnis-ke-bisnis? Apakah Anda memerlukan outlet bata-dan-mortir, yang datang dengan biaya tambahan seperti biaya real estat dan konstruksi? Ketika Anda mulai melihat, itu bisa menjadi berlebihan, jadi Anda ingin memastikan bahwa Anda siap.

2. Mempersempit Bidang Peluang Franchise/Waralaba

Setelah Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang kualitas dan karakteristik memiliki waralaba tertentu, sekarang saatnya untuk menjadi nyata. Satu-satunya cara untuk mengetahui tentang bisnis Situs Judi dan cara kerjanya adalah dengan membenamkan diri di dalamnya. Kunjungi waralaba yang Anda pertimbangkan untuk membandingkan dan membedakan dan membantu memutuskan mana yang paling cocok untuk Anda sesuai dengan suka dan tidak suka Anda.

3. Bicaralah dengan Pemilik Lain

Setelah Anda memutuskan waralaba yang Anda minati, inilah saatnya untuk berbicara dengan pemilik individu yang mengambil lompatan keyakinan dan mencapai kesuksesan yang Anda inginkan. Angka biasanya terlihat bagus di atas kertas, tetapi berbicara langsung dengan seseorang “di parit” dapat memberi Anda garis waktu, daftar harapan, dan tanggung jawab yang lebih realistis. Mereka juga dapat menguraikan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan.

Baca Juga:  Strategi Terbaik yang Digunakan dan Menghindar Kesalahan Bisnis

4. Temui Tim Eksekutif dan Pendukung, dan Uji Produk dan Layanan

Selanjutnya, Anda harus memiliki “Hari Penemuan”, yaitu saat Anda bertemu dengan tim yang menjalankan waralaba. Bertemu dengan tim ini adalah salah satu hari terpenting dan tak terlupakan dalam hidup Anda seperti bertemu calon mertua Anda. Ini adalah hari di mana yang baik, yang buruk dan (kadang-kadang) yang jelek terungkap. Sejak saat itu, semua kerangka keluar dari lemari, dan gagasan yang terbentuk sebelumnya diverifikasi atau dibantah. Saat tirai terbuka, Anda akan tahu apakah Anda dapat bekerja dengan dan memercayai orang-orang di belakang organisasi, serta apakah Anda percaya pada visi mereka dan bersedia mendukung produk atau layanan mereka. Bagaimanapun, Discovery Day adalah Answer Day.

5. Rapikan Dokumen, Pendanaan, dan Kontrak Hukum Anda

Langkah terakhir mungkin terasa lancar, tetapi sejauh ini merupakan langkah yang paling penting: kontrak. Fase kontrak adalah di mana Anda berkomitmen untuk beberapa tahun ke depan dalam hidup Anda terkait dengan waralaba. Di sinilah Anda menemukan komitmen dan kewajiban Anda dan waralaba. Anda kemungkinan akan memiliki tinjauan hukum sebelumnya untuk memastikan kedua belah pihak sepenuhnya mengungkapkan detail penting apa pun. Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerja dengan pengacara yang berpengalaman, karena menurut saya akan membantu jika memiliki seorang ahli di pihak Anda.

Baca Juga:  Pentingnya Etika dalam Bisnis Digital Modern

Jika Anda siap untuk mulai mengumpulkan kekayaan melalui waralaba, pastikan Anda mengingat langkah-langkah di atas. Waralaba bisa menjadi salah satu komitmen paling signifikan yang pernah Anda buat, jadi Anda perlu memastikan bahwa Anda siap.